Header Ads

KONSEP KEBIDANAN

MATERI

Sejarah Pendidikan kebidanan di luar negeri


  •          Mengetahui keadaan zaman dahulu
  •         Mengetahui kesulitan2 zaman dahulu
  •         Membandingkan keadaan zaman dahulu dan sekarang
  •       Memilih dari praktik2 dan pengalaman dimasa lampau      yang baik dan membuang yang kurang baik
  •      Mengetahui perkembangan praktik kebidanan sehingga    didapatkan keahlian pada tingkat sekarang ini
                                                                                                                                       Sumber
 
 Soal

  1. Apa komentar anda tentang pendidikan kebidanan diluar negeri dan di dalam negeri
  2. bagaimana keadaan pendidikan kebidanan zaman dahulu dan sekarang 
  3. berikan saran untuk kemajuan dan perkembangan praktik kebidanan sehingga    didapatkan keahlian pada tingkat sekarang ini



Perkembangan bidan sebagai profesi diluar negeri

            Dalam mengantisipasi tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin bermutu terhadap pelayanan kebidanan, perubahan2 yang cepat dalam pemerintahan maupun dalam masyarakat dan pengembangan IPTEK serta persaingan yang ketat di era global ini diperlukan tenaga kesehatan khususnya tenaga bidan yang berkualitas baik tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap profesionalisme
       Pelajari lebih lanjut dengan klik Materi



Konsep Kebidanan sebagai Dasar dalam Praktek kebidanan

materi silahkan klik Manajemenkebidanan
Konsep dan prinsip manajemen pada umumnya
Pengertian manajemen kebidanan
Langkah-langkah manajemen kebidanan

1.Midwifery care
2.Paradigma sehat


Prinsip pengembangan karir bidan (Proses berubah)

Dalam mengantisipasi tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin bermutu terhadap pelayanan kebidanan, perubahan – perubahan yang cepat dalam pemerintahan maupun dalam masyarakat dan perkembangan IPTEK serta persaingan yang ketat di era global ini diperlukan tenaga kesehatan khususnya tenaga bidan yang berkualitas baik tingkat pengetahuan, ketrampilan dan sikap profesionalisme.

Proses perubahan adalah Proses yang kompleks dan terjadinya dalam waktu yang relatif lama. Suatu proses dan kolaborasi yang meliputi suatu agen perubahan dan klien.

Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan  prinsip pengembangan karir bidan (Proses berubah)
1.    Menjelaskan pengertian
2.    Menjelaskan macam-macam perubahan
3.    Menjelaskan ciri-ciri perubahan

Untuk lebih lanjut silahkan klik judul dibawah ini ..

34 komentar:

  1. 1. komentar saya tentang pendidikan kebidanan diluar negeri dan di dalam negeri adalah bahwa Perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan nasional maupun internasional terjadi begitu cepat. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan merupakan hal yang penting untuk dipelajari dan dipahami oleh petugas kesehatan khususnya bidan yang bertugas sebagai bidan pendidik maupun bidan di pelayanan.Salah satu faktor yang menyebabkan terus berkembangnya pelayanan dan pendidikan kebidanan adalah masih tingginya mortalitas dan morbiditas pada wanita hamil dan bersalin, khususnya di negara berkembang dan di negara miskin yaitu sekitar 25-50%.
    2. keadaan pendidikan kebidanan zaman dahulu dan sekarang adalah Pendidikan dimulai pada masa penjajahan Hindia Belanda pada tahun1851 seorang dokter militer Belanda (Dr. W. Wosh) memebuka pendidikan bidan bagai wanita pribumi di Batavia.1902 di RS Militer di Batavia.1904 di Makasar.1911-1912 dimulai pendidikan tenaga keperawatan secara terencana di RSUP Semarang dan Batavia.1914 telah diterima juga peserta didik wanita pertama dan bagi perawat wanita yang lulus dapat meneruskan pendidikan ke kebidanan selama 2 tahun.1935-1938 pemerintah kolonial Belanda mulai mendidik bidan lulusan MULO (setingkat SLTP bagian B) dan hampir bersamaan dibuka sekolah bidan di beberapa kota besar antara lain Jakarta di RSB Budi Kemulianan, RSB Palang II, dan RSB Mardi Waluyo di Semarang.1950-1953 dibuka sekolah bidan dari lulusan SMP dari batasan usia minimal 17 tahun dan lama pendidikan 3 tahun. Mengingat kebutuhan penolong persalinan cukup banyak, maka dibuka pendidikan pembantu bidan yang disebut penjenang kesehatan E atau pembantu bidan sampai tahun 1976. Setelah itu ditutup1953 dibuka kursus tambahan bidan di Yogyakarta lamanya kursus 7-12 minggu.1960 KTB (kursus tambahan bidan) dipindahkan ke Jakarta dan pada tahun 1967 KTB ditutup.1954 dibuka pendidikan guru bidan secara bersama-sama dengan guru perawat dan perawat kesehatan masyarakat di Bandung. 1975 – 1984 institusi pendidikan bidan ditutup sehingga selama 10 tahun tidak menghasilkan bidan. Namun organisasi IBI ada dan hidup secara wajar.1993 dibuka pendidikan bidan program C (PPB C) yang menerima lulusan dari SMP. Dilakukan di 11 provinsi. Memerlukan kurikulum 3700 jam dan diselesaikan 6 semester.1994-1995 menyelenggarakan program pendidikan bidan jarak jauh. Diklat jarak jauh (DJJ) ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan bidan untuk penurunan AKI dan AKB.1994 juga dilaksanakan pelatihan pelayanan kegawat daruratan maternal dan neonatal.1995-1998 IBI bekerjasama langsung dengan mother care melakukan pelatihan bidan Rumah Sakit dan bidan puskesmas serta bidan di desa di provinsi Kalsel.2000 telah ada pelatih Asuhan Persalinan Normal yang dikoordinasikan dengan MNH. Pelatihan LSS dan APN tidak hanya untuk pelatihan pelayanan tetapi juga untuk guru, dosen-dosen dari akademi kebidanan.
    3. saran saya untuk kemajuan dan perkembangan praktik kebidanan sehingga didapatkan keahlian pada tingkat sekarang ini adalah meningkatkan fasilitas dan kesempatan pendidikan kebidanan yang lebih luas, dan lapangan kerja untuk bidan tidak dibatasi, karena seiring dengan kemajuan IPTEK dan keadaan peningkatan mortalitas dan mobiditas pada ibu dan bayi, disitu pran bidan sangat dibutuhkan, jadi semoga peran dan fungsi bidan untuk kedepannya tidak terlalu dibatasi lagi.

    BalasHapus
  2. Nama:Lusi Aprisa
    Tingkat 1, Akademi Kebidanan Adila Bandar Lampung.
    1). Menurut saya,pendidikan kebidanan diluar Negeri dan di dalam negeri telah membawa perubahan yang sangat besar di era global yang saat ini, dan perubahan tersebut bersifat progress. jika tidak ada sejarah pendidikan kebidanan pada zaman dahulu, maka pendidikan kebidanan pada saat ini, mungkin tidak akan seoptimal pada zaman sekarang. karena sejarah telah membawa pendidikan kebidanan pada perubahan yang jauh lebih baik lagi.
    2). Keadaan pendidikan kebidanan pada zaman dahulu dan sekarang menurut saya telah mengalami perubahan yang sangat besar, mulai dari peralatan, tekhnis, pendidikan, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri, dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia.
    3). saran saya adalah dengan memberikan mutu pendidikan yang baik bagi Akademi-akademi kebidanan di indonesia, dan memberikan tenaga pengajar yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi, agar dapat memberikan ajaran yang bermutu tinggi pada calon-calon generasi penerus bidan di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. selain itu pula, perlu adanya jaminan kehidupan bagi bidan-bidan, memberikan pendidikan moral, etika, dan sikap yang baik bagi bidan.

    BalasHapus
  3. Nama:rohimah hidayati
    tingkat 1
    akbid adila
    1.menurut saya perkembangan pendidikan bidan diluar dan didalam negri pada dewasa ini mengalami perkembangan yang begitu cepat .salah satu contohnya adalah ditemukannya posisi persalinan yang baik dan benar.pada zaman dahulu ibu yang akan bersalin ditempatkan dilapangan dan ada seorang penunggang kuda yang akan mengarahkan kudanya ke ibu yang akan bersalin tersebut dengan seperti itu ibu yang akan bersalin akan terkejut dan berlari ,keadaan tersebut akan membuat bayi cepat lahir.pada saat ini posisi tersebut tidak boleh dipergunakan lagi atas alasan kemanusiaan dan keselamatan ibu dan bayi.posisi bersalin yang paling umum digunakan di indonesia sekarang ini adalah litotomi(berbaring).

    3. saran saya adalah pemerintah harus meningkatkan sarana dan prasarana sehingga bidan dapat membantu proses persalinan dengan baik dan dapat mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

    BalasHapus
  4. LANJUTAN!
    Nama :rohimah hidayati
    tingkat 1
    akbid adila

    2.PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEBIDANAN
    Perkembangan pendidikan Bidan berjalan seiring/berhubungan denang perkembangan pelayaan kebidanan untuk menjawab tuntutan serta kebutuha masyarakat aakn pelayan kebidanan yang dimaksud dalam pendidikan ini adalah pendidikan formal dan informal.
    v Pendidikan dimulai pada masa penjajahan Hindia Belanda pada tahun1851 seorang dokter militer Belanda (Dr. W. Wosh) memebuka pendidikan bidan bagai wanita pribumi di Batavia.
    v Pada tahun 1902 pendidikan bidan dibuka kembali pada wanita pribumi di RS Militer di Batavia.
    v Pada tahun 1904 pendidikan bidan di Indonesia dibuka di Makasar.
    v Tahun 1911 sampai 1912 dimulai pendidikan tenaga keperawatan secara terencana di RSUP Semarang dan Batavia.
    v Pada tahun 1914 telah diterima juga peserta didik wanita pertama dan bagi perawat wanita yang lulus dapat meneruskan pendidikan ke kebidanan selama 2 tahun.
    v Pada tahun 1935 sampai 1938 pemerintah kolonial Belanda mulai mendidik bidan lulusan MULO (setingkat SLTP bagian B) dan hampir bersamaan dibuka sekolah bidan di beberapa kota besar antara lain Jakarta di RSB Budi Kemulianan, RSB Palang II, dan RSB Mardi Waluyo di Semarang.
    v pada tahun 1950-1953 dibuka sekolah bidan dari lulusan SMP dari batasan usia minimal 17 tahun dan lama pendidikan 3 tahun. Mengingat kebutuhan penolong persalinan cukup banyak, maka dibuka pendidikan pembantu bidan yang disebut penjenang kesehatan E atau pembantu bidan sampai tahun 1976. Setelah itu ditutup.
    v Tahun 1953 dibuka kursus tambahan bidan di Yogyakarta lamanya kursus 7-12 minggu.
    v Pada tahun 1960 KTB (kursus tambahan bidan) dipindahkan ke Jakarta dan pada tahun 1967 KTB ditutup.
    v Tahun 1954 dibuka pendidikan guru bidan secara bersama-sama dengan guru perawat dan perawat kesehatan masyarakat di Bandung. pada tahun 1972 institusi pendidikan ini dilebur menjadi SGR ( sekolah guru perawat).
    v Pada tahun 1970 dibuka program pendidikan bidan yang menerima lulusan dari sekolah pengatur rawat ditambah 2 tahun pendidikan bidan yang disebut sekolah pendidikan lanjut jurusan kebidanan (SPLJK).
    v Pada tahun 1974 jenis tenaga kesehatan menengah dan bawah sangat banyak, Depkes melakukan penyederhanakan pendidikan nonsarjana. Sekolah bidan ditutup dan dibuka sekolah perawat kesehatan. Tujuan pemerintah agar SPK dapat menolong persalinan tidak tercapai atau terbukti tidak berhasil. Tahun 1975 – 1984 institusi pendidikan bidan ditutup sehingga selama 10 tahun tidak menghasilkan bidan. Namun organisasi IBI ada dan hidup secara wajar.
    v Tahun 1981 pendidikan diploma I kesehatan ibu dan anaka dibuka. pendidikan berlangsung selama 1 tahun.
    v Tahun 1985 dibuka lagi PPB lulusan dari SPR dan SPK, lam pendidikan 1 tahun.
    v Tahun 1989 dibuka crash program pendidikan bidan secara nasional, pemerintah memperbolehkan lulusan SPK langsung masuk program pendidikan bidan.
    v Pada tahun 1993 dibuka pendidikan bidan program C (PPB C) yang menerima lulusan dari SMP. Dilakukan di 11 provinsi. Memerlukan kurikulum 3700 jam dan diselesaikan 6 semester.
    v Pada tahun 1994-1995 menyelenggarakan program pendidikan bidan jarak jauh. Diklat jarak jauh (DJJ) ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan bidan untuk penurunan AKI dan AKB.
    v Pada tahun 1994 juga dilaksanakan pelatihan pelayanan kegawat daruratan maternal dan neonatal.
    v Pada tahun1995-1998 IBI bekerjasama langsung dengan mother care melakukan pelatihan bidan Rumah Sakit dan bidan puskesmas serta bidan di desa di provinsi Kalsel.
    v Tahun 2000 telah ada pelatih Asuhan Persalinan Normal yang dikoordinasikan dengan MNH. Pelatihan LSS dan APN tidak hanya untuk pelatihan pelayanan tetapi juga untuk guru, dosen-dosen dari akademi kebidanan.

    Selain melalui pendidikan formal dan pelatihan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan diadakan seminar dan lokakarya organisasi. Dilaksanakan setiap tahun selam 2 kali mulai tahun 1996 – 2000 dengan biaya dari UNICEF.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nama : ALMA FHALUPI SABAM

    Tingkat 1, Akademi Kebidanan Adila Bandar Lampung.
    1). Menurut saya,pendidikan kebidanan diluar Negeri dan di dalam negeri telah membawa perubahan yang sangat besar di era global yang saat ini, dan perubahan tersebut bersifat progress. jika tidak ada sejarah pendidikan kebidanan pada zaman dahulu, maka pendidikan kebidanan pada saat ini, mungkin tidak akan seoptimal pada zaman sekarang. karena sejarah telah membawa pendidikan kebidanan pada perubahan yang jauh lebih baik lagi.
    2). Keadaan pendidikan kebidanan pada zaman dahulu dan sekarang menurut saya telah mengalami perubahan yang sangat besar, mulai dari peralatan, tekhnis, pendidikan, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri, dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia.
    3). saran saya adalah dengan memberikan mutu pendidikan yang baik bagi Akademi-akademi kebidanan di indonesia, dan memberikan tenaga pengajar yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi, agar dapat memberikan ajaran yang bermutu tinggi pada calon-calon generasi penerus bidan di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. selain itu pula, perlu adanya jaminan kehidupan bagi bidan-bidan, memberikan pendidikan moral, etika, dan sikap yang baik bagi bidan.

    BalasHapus
  8. Nama : SRI KURNIASIH

    Tingkat 1, Akademi Kebidanan Adila Bandar Lampung.
    1). Menurut saya,pendidikan kebidanan diluar Negeri dan di dalam negeri telah membawa perubahan yang sangat besar di era global yang saat ini, dan perubahan tersebut bersifat progress. jika tidak ada sejarah pendidikan kebidanan pada zaman dahulu, maka pendidikan kebidanan pada saat ini, mungkin tidak akan seoptimal pada zaman sekarang. karena sejarah telah membawa pendidikan kebidanan pada perubahan yang jauh lebih baik lagi.
    2). Keadaan pendidikan kebidanan pada zaman dahulu dan sekarang menurut saya telah mengalami perubahan yang sangat besar, mulai dari peralatan, tekhnis, pendidikan, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri, dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia.
    3). saran saya adalah dengan memberikan mutu pendidikan yang baik bagi Akademi-akademi kebidanan di indonesia, dan memberikan tenaga pengajar yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi, agar dapat memberikan ajaran yang bermutu tinggi pada calon-calon generasi penerus bidan di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. selain itu pula, perlu adanya jaminan kehidupan bagi bidan-bidan, memberikan pendidikan moral, etika, dan sikap yang baik bagi bidan.

    BalasHapus
  9. Elisa apriana
    Tingkat 1
    1). Menurut saya,pendidikan kebidanan diluar Negeri dan di dalam negeri telah membawa perubahan yang sangat besar di era global yang saat ini, dan perubahan tersebut bersifat progress. jika tidak ada sejarah pendidikan kebidanan pada zaman dahulu, maka pendidikan kebidanan pada saat ini, mungkin tidak akan seoptimal pada zaman sekarang. karena sejarah telah membawa pendidikan kebidanan pada perubahan yang jauh lebih baik lagi.
    2). Keadaan pendidikan kebidanan pada zaman dahulu dan sekarang menurut saya telah mengalami perubahan yang sangat besar, mulai dari peralatan, tekhnis, pendidikan, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri, dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia

    3). Saran saya menempuh pendidikan dengan baik sehingga dapat menjalan tugasnya yang sesuai dengan prosedur, yang didukung oleh perlengkapan alat yang disediakan pemerintah sehingga didapatkan tenaga kesehatan yang baik dan propesinal

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Livia erpina Tingkat 1, Akademi Kebidanan Adila Bandar Lampung.
    1).pendapat saya adalah, mutu pendidikan kebidanan diluar Negeri dan di dalam negeri telah membawa perubahan yang sangat besar di era global yang saat ini, dan perubahan tersebut bersifat progress. jika tidak ada sejarah pendidikan kebidanan pada zaman dahulu, maka pendidikan kebidanan pada saat ini, mungkin tidak akan seoptimal pada zaman sekarang. karena sejarah telah membawa pendidikan kebidanan pada perubahan yang jauh lebih baik lagi.
    2). Keadaan pendidikan kebidanan pada zaman dahulu dan sekarang menurut saya telah mengalami perubahan yang sangat besar, mulai dari peralatan, tekhnis, pendidikan, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri, dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia yang profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya.
    3). saran saya adalah dengan memberikan mutu pendidikan yang baik bagi akademi kebidanan di indonesia, dan dengan memberikan tenaga pengajar yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi, agar dapat memberikan ajaran yang bermutu tinggi pada calon-calon generasi penerus bidan di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Dan juga perlu adanya jaminan kehidupan bagi bidan-bidan, memberikan pendidikan moral, etika, dan sikap yang baik bagi bidan sebagai tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan atau asuhan bermutu tinggi.

    BalasHapus
  12. yuni siska wati
    tingkat 1
    hadir buk

    1.Menurut pendapat saya,pendidikan kebidanan diluar Negeri dan di dalam negeri telah membawa perubahan yang sangat luar biasa di dunia yang saat ini, dan perubahan tersebut bersifat progress. jika tidak ada sejarah pendidikan kebidanan pada zaman dahulu, maka pendidikan kebidanan pada saat ini, mungkin tidak akan seoptimal pada zaman sekarang. karena sejarah telah membawa pendidikan kebidanan pada perubahan yang jauh lebih baik lagi.dan dengan sejarah kita bisa tau hal yang lebih baikuntuk kemajuan ilmu kebidanan

    2. ilmu kebidanan perubahannya mulai dari peralatan, tekhnis, pendidikan, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri, dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia

    3). saran saya bidan di indonesia harus lebih meningkatkan kompetensinya yaitu dengan menambah pengetahuan,keterampilan serta etika yang baik. selain itu bidan juga harus bekerja sesuai ruang lingkupnya.

    BalasHapus
  13. Komentar saya: pendidikan kebidanan di luar negri maupun di dalam negri saat ini tlah mngalami perubahan yg sangat cepat dan sangat pesat pda era global saat ini,dimna dahulu pendidikan kebidanan di dalam negeri dan di luar negeri masih jarang sehingga masyarakat kebanyakan/rata2 lebih mempercayaai dukun untuk membantu proses persalinan,tanpa memikirkan dampak/bahaya/resiko kepada ibu ataupun si bayi,sehingga mengakibatkan angka kematian ibu dan bayi sangat tinggi.
    -Tpi tidak di pungkiri juga pendidikan kebidanan di luar negri maupun di dalam negri telah mengalami perubahan seoptimal pda saat ini/atau telah membawa pendidikan kebidanan pda perubahan yg jauh lbh baik lagi.
    -dimana pda zaman dhulu pendidikan kebidanan sudah menemukan alat2 ataupun cara2 untuk membantu proses persalinan.
    Ex:-penemuan alat cunam untk menolong persalinan yg sukar.
    -versi ekskraksi untuk persalinan sunsang
    -ibu yg sedang bersalin hrus di tolong dgn dsar prikemanusiaan
    -cara untuk melahirkan kepala pda letak sunsang
    -dan lain2 .

    2. Keadaan pendidikan kebidanan pada zaman dahulu dan sekarang menurut saya telah mengalami perubahan yang sangat cepat dan mengalami perubahan mutu seorang bidan yg jauh lebih baik lgi, mulai dari peralatan yg sudah lengkap,tekhnis,pendidikan yg jauh lbh baik, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri,dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan,sehingga jika seorang bidan yg bermutu tingga diharapkan/dapat menurunkan angka kematian ibu dan janin/bayi pda proses persalinan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia yang profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya,Mendidik bagaimana mnjdi seorng bidan yg jauh lbh baik lagi dan melindungi bidan jika terjadi hal2 yg tidak di inginkan.
    Ex: si bidan A sudh mnjalankan tugas nya dengan berdasrkan prosedur dan Kewenangan bidan,tp telah terjadi hal yg tdk diinginkan sehingga si bayi meninggal,lalu keluarga dri ibu yg di tolong bidan A melapor ke pihak yg berwajib mka disitulah IBI membantu/membela bidan A karna bidan A sudah menjalankan prosedur kebidanan dgn baik&benar,& kewenangannya sbg seorg bidan,maka bidan A tidak akan di nyatakan bersalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3.Saran saya:bidan di indonesia harus lbih meningkatkan kompetensinya yaitu dengan menambah/meningkatkan pengetahuan,keterampilan serta etika dan moral yg jauh lbh baik lg, dan sikap yang baik bagi bidan sebagai tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan atau asuhan yg bermutu tinggi.seorang bidan jg harus bekerja sesuai dgn ruang lingkupnya(ruang lingkup kebidanan) .

      Sekian dan terimakasih bu...😊😊😊😊

      Hapus
  14. Maaf bu lupa ngasih nama😊

    Nama: Livinia tiara putri-nr
    Tingkat:1
    AKBID ADILA BANDAR LAMPUNG

    BalasHapus
  15. Nama:lailika wulandari
    Tingkat:1
    Akbid adila bandar lampung
    Menurut saya,mutu pendidikan kebidanan
    diluar Negeri dan di dlm negeri tlah membawa perubahan yg sangat cepat di era global yang saat ini,dan perubahan tersbt bersifat progress.jika tidak ada sejarah pendidikan kebidanan pada zaman dahulu, maka pendidikan kebidanan pada saat ini, mungkin tidak akan seoptimal pada zaman sekarang. karena sejarah tlah membawa pendidikan kebidanan pda perubahan yng jauh lebih baik lagi.
    2.ilmu kebidanan perubahannya mulai dari peralatan, tekhnis, pendidikan, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri, dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia.
    3.saran saya adalah dengan memberikan mutu pendidikan yang baik bagi Akademi-akademi kebidanan di indonesia, dan memberikan tenaga pengajar yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi, agar dapat memberikan ajaran yang bermutu tinggi pada calon-calon generasi penerus bidan di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. selain itu pula, perlu adanya jaminan kehidupan bagi bidan-bidan, memberikan pendidikan moral, etikasaran saya adalah dengan memberikan mutu pendidikan yang baik bagi Akademi-akademi kebidanan di indonesia, dan memberikan tenaga pengajar yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi, agar dapat memberikan ajaran yang bermutu tinggi pada calon-calon generasi penerus bidan di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. selain itu pula, perlu adanya jaminan kehidupan bagi bidan-bidan, memberikan pendidikan moral, etika,dan sikap yang baik bagi bidan&sikap yang baik bagi bidan.

    BalasHapus
  16. Nama:dewi haniyati
    Tingkat:1
    Akbid adila bandar lampung
    Menurut saya,mutu pendidikan kebidanan
    diluar Negeri dan di dlm negeri tlah membawa perubahan yg sangat cepat di era global yang saat ini,dan perubahan tersbt bersifat progress.jika tidak ada sejarah pendidikan kebidanan pada zaman dahulu, maka pendidikan kebidanan pada saat ini, mungkin tidak akan seoptimal pada zaman sekarang. karena sejarah tlah membawa pendidikan kebidanan pda perubahan yng jauh lebih baik lagi.
    2.ilmu kebidanan perubahannya mulai dari peralatan, tekhnis, pendidikan, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri, dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia.
    3.saran saya adalah dengan memberikan mutu pendidikan yang baik bagi Akademi-akademi kebidanan di indonesia, dan memberikan tenaga pengajar yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi, agar dapat memberikan ajaran yang bermutu tinggi pada calon-calon generasi penerus bidan di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. selain itu pula, perlu adanya jaminan kehidupan bagi bidan-bidan, memberikan pendidikan moral, etikasaran saya adalah dengan memberikan mutu pendidikan yang baik bagi Akademi-akademi kebidanan di indonesia, dan memberikan tenaga pengajar yang berpendidikan dan berpengetahuan tinggi, agar dapat memberikan ajaran yang bermutu tinggi pada calon-calon generasi penerus bidan di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. selain itu pula, perlu adanya jaminan kehidupan bagi bidan-bidan, memberikan pendidikan moral, etika,dan sikap yang baik bagi bidan&sikap yang baik bagi bidan.

    BalasHapus
  17. 1.Menurut pendapat saya,pendidikan kebidanan diluar Negeri dan di dalam negeri telah membawa perubahan yang sangat luar biasa di dunia yang saat ini, dan perubahan tersebut bersifat progress. jika tidak ada sejarah pendidikan kebidanan pada zaman dahulu, maka pendidikan kebidanan pada saat ini, mungkin tidak akan seoptimal pada zaman sekarang. karena sejarah telah membawa pendidikan kebidanan pada perubahan yang jauh lebih baik lagi.dan dengan sejarah kita bisa tau hal yang lebih baikuntuk kemajuan ilmu kebidanan

    2. ilmu kebidanan perubahannya mulai dari peralatan, tekhnis, pendidikan, hingga mutu dari seorang bidan itu sendiri, dengan adanya mutu pendidikan kebidanan yang baik, maka akan menumbuhkan calon-calon generasi penerus bidan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai seorang bidan.sebagai contoh pada saat ini, telah ada suatu organisasi bidan di Indonesia, yaitu IBI yg merupakan lingkup kumpulan dari Bidan-bidan di Indonesia

    3). saran saya bidan di indonesia harus lebih meningkatkan kompetensinya yaitu dengan menambah pengetahuan,keterampilan serta etika yang baik. selain itu bidan juga harus bekerja sesuai ruang lingkupnya.

    BalasHapus
  18. 1. Menurut pendapat saya ilmu kebidanan didalam dan luar negri banyak perbedaan salah satunya adalah budaya , diluar negri sudah banyak bidan seorang laki-laki , sedangkan di Indonesia bidan adalah seorang wanita. Zaman dulu diluar negri , wanita melahirkan dengan cara yg tidak lazim seperti diasingkan atau dengan cara ditakuti. Sedangkan di Indonesia dulu wanita melahirkan dengan bantuan dukun , tapi kedua perbedaan tersebut sama-sama membahayakan ibu dan bayinya

    2. Zaman dulu pendidikan kebidanan masih kurang memadai seperti tenaga pendidik yang kurang , dan masyarakat lebih mempercayai dukun daripada bidan. Saat ini pendidikan kebidanan sudah mulai berkembang , dengan banyak nya institusi dan tenaga pendidik , masyarakat juga sudah lebih percaya kepada tenaga kesehatan seperti bidan dll

    3. Agar praktik kebidanan dapat lebih berkembang , sarana dan prasarana harus lebih memadai , serta pendidik juga harus lebih meningkatkan kualitas nyaa , sehingga dapat menciptakan bidan yg terlatih dan profesional terutama dalam praktik kebidanan dan memberikan pelayanan yg terbaik bagi masyarakat

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.